History Bencana Alam Dalam Akibat Perubahan Iklim di Beberapa Dekade Terakhir

History Bencana Alam – Badan Meteorologi Dunia (WMO), Jumlah bencana alam yang dialami dunia makin meningkat akibat ulah manusia yang di sebut Orubahan iklim buatan manusia.

History Bencana Alami

History Bencana Alam

Dari pengamatan peneliti dunia, bencana alam yang terjadi sampai saat adalah 5 kali lipatdari bencana sebelumnya. Para ilmuan juga mengatakan cuaca sekarang yang lebih ekstrim dan banjir yang secara tiba-tiba menjadi pelapor kenaikan peristiwa-peristiwa dari bencana alam yang sangat mengerikan yang terjadi saat ini atau dikedepannya nanti.

Yang diketahui suhu global yang terus meningkat dalam beberapa dekade terakhir, dan jumlah bencana alam hujan dan banjir akibat Cuaca ekstrim juga meningkat secara sigtifikan.

Dalam beberapa dekade yang sudah ditelusurun sedikitnya da 11.000 bencana terkait dengan cuaca alam, Menurut WMO yang mendata seluruh peristiwa mencana ekstrim ini.

Lebih dari 2 juta orang yang tewas dalam kejadian perubahan iklim buatan ini, dengan kerugian ekomoni yang sudah tidak terhitung lagi.

“Iklim yang makin susah untuk di prediksikan lagi dan akan lebih sering terjadi bencana-bencana yang kita sendiri seharusnya bisa memprekdisikan kapan akan terjadi bencana tersebut.

Peneliti mengatakan lebih dari 90 Persen kematian yang terkait dengan bencana berasal dari cuaca Ekstrim.

Korban terbanyak yang mengalami bencana mengerikan ini adalah bencana banjir yang menjadi pemicu terjadinya longsor dalam beberapa titik di daerah yang paling rawan longsor.

Tiga peritiwa Ekstrim dampak finansial terbanyak terjadi di tahun 2017, ditahun itu Badai Harvey, maria, dan Irma menghantam AS. Jika di kaitkan dengan ekonomi dari 3 badai tersebut menyumbang setidaknya 35 persen dari total kerugian akumulatif 5 mencana dengan kerugian terbesar yang diantaranya pada tahun 1970-2019.

Data diatas telah menujukan perbaikan dalam sistem oeringatan dini dan membantu menyelamatkan banyak nyawa orang dan masih banyak yang harus di kerjakan seperti pekerjaan rumah yang harus di benahi yang terkena bencana tersebut.

Dari banyaknya negara yang sering terjadi bencana alam akan tetapi hanya 193 negara saja di Dunia yang memiliki deteksi dini Multi-bencana teknologi.

Kerja sama Internasional akan lebih baik dan sangat dibutuhkan untuk mengatasi permasalahan bencana alam yang akan terjadi suatu saat nantiya.