Dahsyatnya Letusan Gunung Etna yang Mengeluarkan Larva Panas Sampai ke Kota

Dahsyatnya Letusan Gunung Etna – Bencana ini terjadi pada akhir bulan Agustus kemarin dan gunung tersebut memuntahkan larva panas hingga menyebar sampai beberapa kilo kilo meter dari pusat gunung berapa tersebut.

Dahsyatnya Letusan Gunung Etna

Dahsyatnya Letusan Gunung Etna

Menurut Alhlih Gunung berapi Vulkanologi Boris Behncke dari Institut Nasional utuk Geofisika dan Vulkanologi (INGV), para ilmuwan tahu bahwa Etna akan mengalami peristiwa luar biasa sejak akhir 2020 ketika gunung tersebut mengeluarkan awan panas beserta abu vulkanik dan Gas.

“Etna sedang membangun sesuatu yang besar dengan aktifitas seismil yang intens, deformasi tanah, dan pelepasan gas,”Tutur Behncke saat dikutip tim media. Kamis (2/9/2021).

Satelit Sentinal 2 telah mengawasi Etna sejak saat itu. Studi mengungkapkan pertumbuahn gunung berapi yang sebelumnya terjadi. Sekelompak analisis data lingkungan ADAM memposting gampang dari gunung berapi tersebut pada tanggal 30 Agustus malam hari.

Biasanya gunung yang meletus dan abu vulkanik atau baru dari gunung berapi sangat lah bahaya jika terkena dampak tersebut, Vulkanik yang terhempas oleh semburan gunung tersebut bisa mencapai jauh dari titik pusat gunung tersebut. Dan tidak bisa di bayangkan jika bencana tersebut mengenaik mobil atau rumah warga yang berlokasi sekita gunung tersebut.

Dipermukaan tanah, sulfur dioksida dapat menyebabkan iritasi pada sistem pernapasan manusia dan memicu kondisi kesehatan seperti asma dan sesak napas. Menurut Observatorium Bumi Nasa, Gunung Etha dimulai sebagai gunung berapi bawah laut yang perlahan tumbuh di bawah laut, dan saat meletus secara bertahap bisa meningkatkan ketinggian dengan lava yang mengeras.

Saat ini, sebagian besar permukaan gunung ditutupi dengan aliran larva yang sudah bersejarah dari letusan sebelumnya di 300.000 tahun lalu lamanya.

Kembali ke gunung Etna yang diketahui meletus beberapa waktu lalu dan debu Vulkaniknya bisa sampai ke negara Yunani dan Turky. Debu yang terhembus oleh letusan gunung tersebut biasa mencapai ratusan kilo meter atau bahkan melewati negara-negara tetangga.

Indonesia memang sudah dikenal dengan sebutan negara Api yang memiliki gunung berapi yang masih aktif. Maka dari ini lah indonesia juga sangat hebat dalam menangani bencana alam gempa bumi dan angint topan.